September 05, 2008

Pasar Juadah, Yang Hadir Setahun Sekali

Pasar Juadah. Demikian orang Pontianak menyebutnya. Dan, istilah ini muncul hanya sekali dalam setahun, yaitu setiap bulan Puasa atau Bulan Ramadhan. Dan, luar biasanya, kios-kios 'dadakan' yang menjual-belikan juadah---kue-kue kampung untuk disajikan pada saat berbuka----tersebar hampir di semua jalan raya di seluruh kota Pontianak ini. Bahkan, di beberapa jalan akses yang cukup padat penduduknya juga di'rambah' oleh kegiatan masyarakat setahun sekali ini.
Sebetulnya, kegiatan masyarakat semacam ini, di saat-saat kampanye calon legislatif saat ini cukup berpeluang untuk mengenalkan diri bagi masyarakat. Misalnya, saja ada caleg yang memberanikan diri membuka sebuah kios penyedia juadah dengan label pribadinya. Misalnya saja Kios Juadah "Detdhie" atau "Zefry", apalagi menjual kue-kue yang harganya---bisa saja---lebih murah dari harga biasanya dengan jenis kue yang sama. Lebih menarik lagi apabila kios tersebut memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi penataan, cara pemasaran, maupun dari jenis penganannya sendiri, serta penamaan kuenya. Misalnya, "Martabak mini Caleg", atau "Risoles Legislatif", "Jorong-jorong DPRD", dan sebagainya. Sayang Sekali, tak ada calon legislatif alias caleg yang tak memanfaatkan ini sebagai promosi diri atau dalam bahasa kerennya, "tebar pesona". Atau, mungkin malu juga, masa' caleg berjualan juadah. Takutnya ada yang nyeletuk, "cari modal buat nyaleg 'kali.....". He-he-he.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Bolehlah ini sebagai sarana untuk caleg mempromosikan dirinya dengan cara mensubsidi harga kue-kue tersebut. Misalnya harga kue Rp. 700,- jadi cukup dibayar Rp. 500,-. Nah Rp. 200,- caleg yang bayar. Ha...92x.

Anonim mengatakan...

Sebetulnya ada lagi nih Bung Izhar.
Kios EeRNa Menyediakan berbagai kue untuk berbuka puasa :
1. Lepat Tanjung Sari (plesetan Nagasari).
2. Ongol-ongol dari Medan.
3. Kelepon Basri Munte.
4. Bom Khalidan.
5. Es Rujak DOKTOR Zu.
6. Bakwan Simo.
7. Es Teler Kurnia.
8. Korket Asma Liar.

DEDY ARFIAN mengatakan...

Sebenarnya sdh terpikirkan oleh saya, cuma momen nya blm tepat kalee, karena saat ini masyarakat msh terkonsentrasi pd pilwako, selain itu caleg2 msh berupa DCS, kecuali dagangannya berupa :
1 Getuk Mbok Srie
2 Rujak es OBAMA
3 Cake korma DUTA
4 Kelepon Eng Ing Eng
5 Kue nasTAR miji & lemPAR yadi
6 Kwetiau Halso Kalut
7 haita Mie gajahmada