September 17, 2008

Jahe Hangat Tepian Kapuas

Kali ini perjalanan 'wisata kuliner malam' kami---afdolnya ngopi sambil diskusi panjang---kali ini menemukan suasana lain. "Bagaimana kalau kita menikmati hangatnya jahe merah?", ujar seorang teman, yang kelihatannya sudah amat mahfum bahwa jahe bisa memberikan kehangatan di udara malam terbuka seperti ini. Setuju. Saya kira itulah pengambilan keputusan yang tergolong cepat dan tidak bertele-tele, dan.....tidak diinterupsi! Tepian Kapuas adalah pilihan yang sangat tepat. Suasananya yang sangat familiar, di sudut kanan dari arah pintu keluar ke bagian terrace Hotel Grand Kartika terlihat aktivitas KM Merawan III yang melayarkan masyarakat dari Pontianak Kota dan Pontianak Utara. Di 'arah pukul sembilan' terlihat lampu-lampu kapal barang yang melempar sauh di tengah sungai Kapuas. Kadang terlihat lalu-lalang "Kapal Bandong Wisata" dimana kita dapat menyaksikan bantaran sungai Kapuas dari tempat keberangkatannya di "Cafe Serasan" menuju ke arah pertigaan sungai Kapuas Besar - Kapuas Kecil - Landak, lalu berputar menuju kawasan tepian kompleks Tugu Khatulistiwa. Sepuluh menit berselang, Minuman Jahe Hangat pun datang, ditemani dengan pisang goreng srikaya dan kacang goreng. Nikmat.... Diskusi pun mengalir lancar dari masalah Pilkada Kota Pontianak, Pencalegan Pemilu 2009, sampai kepada prediksi SOPD pemerintah propinsi Kalbar yang sedang di'timang-timang' oleh gubernur. Yang hadir malam itu, memang beragam. Ada politisi dari berbagai partai, tentulah didominasi oleh PAN, selain PBB dan PPD. Ada juga akademisi, dan Wiraswasta. Tamu-tamu yang hadir---tentunya dengan aktivitas masing-masing---ternyata ada juga pengurus PG, dan di meja lain beberapa petinggi PPP. Ah, hidup ini jika tidak terlalu dibikin rewel dan ruwet, memang layak dinikmati. Ibadah taraweh tuntas, ngalor-ngidulpun retas.....

2 komentar:

Awang Yudi Aryadi, SE mengatakan...

Ngopi jak terus Bang tadak ngajak-ngajak ye. He...92x. Tungggu saye datang ke Pontianak kite ngopi di tepi Sungai Kapuas. Jangan tadak ni Bang.

DEDY ARFIAN mengatakan...

Mantap gak neh, nampak nye balek dari sana jam 11 malam, langsung dibuat tulisan nye neh, krn klo besoknye baru ditulis, bise lupa kalee...Ttp betol kate Yudi, kapan lg kite kesana??? Ditunggu sms nye.