September 19, 2008

Andaikan Semua Mesjid Ber-AC......

Perjalanan 'spiritual' mingguan kali ini, masih berada di sekitaran Kecamatan Sei. Raya Kabupaten Kubu Raya. Masih juga ditemani oleh Bung Dedy Arfian---calon legislatif DPRD Propinsi dari Daerah Pemilihan Kalbar I meliputi kota Pontianak----yang setia mengingatkan setiap kali Jum'at tiba. "Bang, udah jam sebelas nih. Siap-siap.....", begitu bunyi SMS-nya seminggu sekali.
Tepat pukul 11.45 kami tiba di mesjid An-Nur yang berada di kompleks PT. Persero PLN Sungai Raya. Dan, subhanallah, ternyata mesjid yang diresmikan pada tanggal 12 Oktober 1989 itu ber-AC. Sehingga suasana yang sejuk, malah membikin mata menjadi terkantuk-kantuk. Untung saja, khatib kali ini---namanya, tak jua ditemukan, karena tak ada papan pengumuman petugas Jum'atan di mesjid ini---cukup mantap dalam menyampaikan materi khutbahnya, sehingga kuping tetap mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan. Setelah shalat usai, saya berandai-andai alangkah semua mesjid di negeri ini memiliki pendingin udara ( AC ). Ah, pasti ibadah akan semakin nikmat untuk dilaksanakan. Tidak banyak memang, mesjid yang ber-AC seperti ini. Sepanjang saya sudah berkeliling di banyak mesjid, baik di Kota Pontianak, maupun di Kabupaten Pontianak serta Kabupaten Kubu Raya, tidak lebih dari hitungan kurang dari lima mesjid yang ber-AC. Namun, tanpa mengurangi kenikmatan beribadah tentunya, bukanlah itu menjadi yang paling prinsip untuk difikirkan.

6 komentar:

Awang Yudi Aryadi, SE mengatakan...

Subhanallah, macam di Mekkah saja ya pakai AC.
Menurut saya wajar PLN memasang AC di mesjid mereka, mereka kan tak perlu bayar listrik. He...92x.
Sedangkan mesjid-mesjid lain tentu harus memikirkan rekening listriknya tiap bulan walaupun pakai tarif rumah sosial.
Tapi sudah saatnya ummat muslim membuat suatu perubahan di mesjid agar mesjid menjadi ramai. Salah satu contohnya adalah dengan memasang AC.

motosuki mengatakan...

kalo saya malah tidak setuju penggunaan ac. disaat kondisi kita yang sudah kesulitan energi, kita malah mau berfoya2 dengan energi. memang dari satu sisi ibadah itu perlu ketenangan dan kenyamanan, tapi foya2 bukan solusi.
Ada banyak cara yang lebih alami, atau minimal hemat energi untuk menimbulkan rasa nyaman dalam masjid. Bagi masjid yang akan dibangun, mungkin dengan tingginya langit2 dan bukaan yang luas bisa mengurangi panas. Bagi masjid yang sudah terlanjur jadi, mengganti semua jendela kaca dengan jendela yang bisa dibuka selebar-lebarnya agar angin lebih mudah masuk, dan menanam pohon-pohon untuk pembayangan dan pemancing angin.

BANG IID mengatakan...

@bang yudi : Memang, giliran bayar
listriknya jadi 'sakit kepala' juga. Yah, kita cari solusi lah....

@motosuki : saya kira bukan foya2. Kadang rumah ibadah juga yang megah dan berfasilitas lengkap juga menunjukkan bagaimana perhatian umatnya terhadap rumah ibadah itu sendiri, mas.... Thanks, masukannya.

Awang Yudi Aryadi, SE mengatakan...

Seperti di Bali dan NTB, memang ade perbedaan kite dengan ummat Hindu dalam membangun rumah ibadah. Ummat Hindu tidak pernah menebang pohon di areal yang akan dibangun Pura. Di Narmada misalnye, ade Pura yang memiliki sumber mata air yang tak pernah habis. Pura tersebut sejuk karena dikelilingi pohon-pohoin besar. Udah saatnye ummat muslim membangun mesjid juga bervisi seperti itu agar kita merasakan kesejukan ketika berade di dalammnye.
Kalau kite mampu pakai AC memang lebih bagus agi.

Long Ai Tian mengatakan...

Perasaan kalo di Mesjid sih gak usah pake AC juga bawaannya udah adem deh bang...btw salam kenal juga....

DEDY ARFIAN mengatakan...

hups, nama gw kenawa-bawa dlm edisi kali ini, ttp gpp lah, biar top banget, detdhie getho...
Sy blm pernah tau klo ada mesjid di ptk yg ber AC, ttp klo di KKR yg sy tau ada 2, yg 1 di PLN, n yg 1 nya lg di kompl. Angkasa Pura...
Hebat jg ya KKR, Kabupaten baru ttp malah lebih kaya sbnrnya...
Yg sy bingung, kq bnyk calon bupati KKR yg msh jual tema kemiskinan di sana, btl tdk bung Iid?